Rabu, 13 Oktober 2010

Latar Belakang

Bahasa dapat diartikan sebagai penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk data dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti. Terdapat beberapa definisi bahasa diantaranya adalah sebagai berikut:

Bahasa merupakan suatu sistem untuk mewakili benda, tindakan, gagasan dan keadaan. Bahasa juga diartikan sebagai suatu peralatan yang digunakan untuk menyampaikan konsep riil mereka ke dalam pikiran orang lain, disebut juga suatu kesatuan sistem makna atau suatu kode yang yang digunakan oleh pakar linguistik untuk membedakan antara bentuk dan makna. Dalam arti lain bahasa merupakan suatu ucapan yang menepati tata bahasa yang telah ditetapkan (contoh: Perkataan, kalimat, dan lain-lain.) serta dipandang sebagai suatu sistem tuturan yang akan dapat dipahami oleh masyarakat linguistik.

Manusia sebagai mahluk sosial sangat erat hubungannya dengan bahasa, bahkan bahasa merupakan fungsi kognisi yang paling tinggi dan tidak dimiliki oleh mahluk lainnya. Ilmu yang mengkaji bahasa biasa disebut sebagai ilmu linguistik.

Sulit menetapkan perbedaan utama antara bahasa manusia satu dengan yang lainnya, chomsky (1986) membuktikan bahwa sebagian dialek Jerman hampir serupa dengan bahasa Belanda dan tidaklah terlalu berbeda sehingga tidak mudah dikenali sebagai bahasa lain.

2 komentar: